Selasa, 02 September 2008

Select particular market sector &asses the past, current, and future customer use of internet as a medium to select and buy product

seperti kita ketahui, saat ini banyak sekali sektor pasar yang menggunakan internet sebagai medium untuk transaksi pembeliah atau bahkan hanya untuk memilih produk. untuk tugas kali ini saya akan memilih sektor transportasi. untuk menjelaskan tersebut, saya akan mengambil contoh perusahaan kereta api.

dulu, jika orang ingin membeli dan mengetahui jadwal keberangkatan maupun kedatangan, konsumen harus datang langsung ke lokasi. hal kaya gini sebenarnya merugikan konsumen yang tinggal jauh dari stasiun gambir selain membuang tenaga serta ongkos. apalagi di jakarta dengan segala kemacetannya.

namun sekarang, perusahaan kereta api sudah memiliki website yang dapat memberikan informasi mengenai perjalanan yang dikehendaki pelanggan lengkap dengan harga tiket. kemajuan tersebut tentu memudahkan pelanggan serta dapat meningkatkan kepuasan dari pelanggan itu sendiri. namun disayangkan, website yang disediakan PT kereta api ini hanya sebatas informasi saja. untuk pembelian tiket tetap mengharuskan pelanggan langsung mendatangi lokasi stasiun.

mungkin untuk pertimbangan ke depannya, PT kereta api dapat memikirkan untuk lebih menggunakan medium internet lebih maksimal lagi. seperti misalnya pemesanan dapat dilakukan secara online. seperti yang sudah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan penerbangan. setelah melakukan booking baru tiket dapat langsung di ambil di stasiun. Pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan menggunakan credit card, debit otomatis atau pembayaran tunai di tempat. tentu dengan adanya ini stasiun mungkin juga akan berkurang keramaiannya dan kurangnya keluhan karena kehabisa tiket :)

Tidak ada komentar: