Selasa, 05 Agustus 2008

Langkah-langkah membuat website.....

Bagi sebagian perusahaan yang baru berkembang, sangatlah penting untuk membuat website sebagai informasi yang dapat disampaikan kepada pelanggan atau customernya. Website itu sendiri dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:
1. Membuat pengumuman atau pemberitahuan mengenai perusahaan
2. Memberikan masukan dari pengunjung web/ customer.
3. berkomunikasi langsung dengan customer yang berada di belahan dunia manapun.

berikut langkah-langkah mudah dalammembuat sebuah website:

1. Persiapkan alamat website (domain)
Nama domain merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama domain memberikan kemudahan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengenal deretan nomer atau yang dikenal IP.

Untuk itulah perusahaan membutuhkan "nama doamain" (misalnya alamat domain berupa "www.PerusahaanAnda.com" atau "www.PerusahaanAnda.co.id"). Dengan membeli nama domain tersebut, pengguna internet cukup memasukan "www.PerusahaanAnda.com" ke internet explorer (browser) mereka untuk mengunjung website yang dibuat perusahaan. Sebagai contoh: untuk mengunjungi wabsite Yahoo, cukup memasukan "www.yahoo.com" atau "yahoo.com" ke internet explorer. Nama domain tersebut yang akan mengantarkan pengguna internet ke website perusahaan.

2. Hosting
Setelah mendapatkan alamat website/ nama doamain, kemudian dibutuhkan servis yang dinamakan web hosting. Web hosting adalah menyewakan ruangan hard disk dan fasilitas di server internet untuk mendapatkan dokumen-dokumen web (html, database, audio, video, dsb) Sehingga menjadi situs web yang dapat dikunjung dari seluruh dunia.

Mengapa membutuhkan domain?
Bila bisnis ingin diketahui informasi mengenai perusahaan dan mudah ditemukan oleh khalayak dunia, atau ingin citra perusahaan meningkat dengan online di internet. atau bila mempunya bisnis berbasis internet, maka perusahaan memerlukan server yang terhubung dengan internet selama 24 jam sehari untuk menempatkan homepage perusahaan.

3. Tentukan isi dari website
Menyiapkan segala informasi yang dibutuhkan, seperti:
a. Content: informasi yang akan dimuat kedalam website yang berupa text dan kumpulan foto-foto.
b. Design: tampilan yang dibuat untuk keindahan tampilan di website sehingga menarik perhatian para pengunjung agar betah melihat website perusahaan, sehingga tertarik melihat seluruh informasi yang telah disiapkan oleh perusahaan.

Cara membuat design atau isi website
design dari website tergantung dari jiwa seni masing-masing perusahaan, yang tentunya hal ini mempengaruhi ketertarikan pengunjung untuk melihat web secara keseluruhan. Membuat halaman web bisa menggunakan software apa saja, tetapi yang harus diketahui script apa yang digunakan. untuk script atau perintah dasar dari html bisa dipelajari melalui :
http://www.rumahweb.com/journal/dasar-dasar-html-i.htm
Tapi ada juga beberapa software yang memang khusus digunakan untuk membuat design tampilan website. Seperti yang banyak digunakan adalah untuk tampilan awal biasa menggunakan software adobe photoshop yang biasa digunakan untuk mengedit foto dan mempercantik gambar yang akan ditampilkan di website. kemudian dapat dimodifikasi dengan menggunakan software macromedia dreamwaver, tetapi software ini harus memiliki banyak pengetahuan mengenai script atau perintah HTML. ada juga yang menggunakan software notepad untuk melakukan sedikit perubahan pada file html tadi.

Bagi sebagian perusahaan yang sudah memiliki website, memiliki beberapa kendala seperti adanya kesulitan bagi pelanggan dalam mengakses atau mencari website di search engine. hal ini tentu menjadi kendala bagi perusahaan. berikut adalah beberapa langkah agar wesbsite perusahaan dapat terdeteksi oleh search engine Google.


Cara membuat website listing di google

1. Memilih nama domain
nama domain akan menjadi keyword pencarian sebuah obyek yang di cari di internet. Untuk itu nama domain dianjurkan sesuai nama perusahaan atau sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Memilih tempat hosting
Hindari pemilihan tempat hosting atau server penyimpanan data web yang sering bermasalah atau sering down. server yang sering down dapat mempengaruhi kinerja dari web perusahaan terutama kinerja dari robot search engine.

3. Design web yang ringan
dianjurkan dalam membuat design dari web menggunakan aplikasi-aplikasi yang ringan karena hal ini dapat mempengaruhi loadingnya website pada search engine.

4. Penggunaan Meta Tag
Penggunaan meta tag harus sinkron antara isi atau content website. antara tittle, description dan keyword harus sinkron dengan isi website pada body page atau lembaran web. Antara page awal dengan halaman yang lain harus beda sesuai dengan content halaman yang bersangkutan.

5. Broken Link
perlu diingatkan bahwa agar website yang di onlinekan tidak broken link. Usahakan agar link-link dari page awal sampai ke page-page lainnya tidak bermasalah atau bisa diakses, sehingga tidak mengganggu dalam proses browser oleh user dan yang lebih penting oleh robot search engine.

6. Submiting
Setelah melakukan semua langkah di atas, selanjutnya adalah submit, tukaran link, mengisi guestbook, masuk forum dan beri komentar-komentar pada blog orang lain dan lain-lain. Hal ini sangat mempengaruhi posisi website perusahaan pada lalulintas internet dunia dan berpengaruh pada page rank.

inilah yang bisa disampaikan mengenai langkah-langkah mebuat website serta kegunaannya di dunia bisnis.,.. smoga aja bener yah pak... hehehehehhe ... ini merupakan tugas dari pertemuan kedua e-business dan smoga bermanfaat bagi yang membacanya,,... see you at the next assignment..... :p



10 komentar:

aguslestari mengatakan...

Salam semangat saudaraku !!!,
Just Blog Walking

ZAKI COMPUTER mengatakan...

Aduh sayang, aku kok masih bingung membuat website sendiri. buatkan poo langkah-langkah yang kongkrit, gitu.
Ok, makasih salam kenal dari cah Pasuruan

salsa mengatakan...

untuk pemula kayaknya sekarang lebih memilih ngeblog daripada capek2 mikirin kode html yg ruwet. tapi ada bagusnya jg sih untuk aku pribadi buat nambah ilmu. thank's lah dah bagi ilmunya. salam sukses deh tuk ZERA

ade subandi mengatakan...

salam indonesia...... moga pagi ini nusantara tetap berseri.. saya ade di bogor minta tolong sebagai sesama anak bangsa untuk bisa memberikan sedikit ilmu nya ttg langkah2 untuk membuat website. soal nya saya pemula.....

Galeria VZ mengatakan...

Wahhh thanks berat mabak Zera. it's really helpful ....

ichard mengatakan...

makasih ya zera blognya sangat bermanfaat..

Qolb Coerya mengatakan...

mbak zera... msih bingung nie bwt websitenya,,, lo pas msuk ke domain tu da yang pembayaran tu maksudnya gmn z?????

Anonim mengatakan...

non..kpala q puyeng ne mkirin wat websitenya,,, blog aza lom sempurna,,T_T
kasi penjelasn yang lbih gampang d cerna yah... sent to: arfy.dvamp@gmail.com

Thx atas responnya..

Vicx Beat Mix mengatakan...

Thanks banget infonya.... mantaaaap,

btw kapan ya kita bisa punya website sendiri hahahaha

Anton Hilman mengatakan...

mantap tulisannya